#navbar-iframe { height:0px; visibility: hidden; display: none; }

Rabu, 06 Maret 2013

HOW TO MAXIMIZE YOUR CASHFLOW


HOW TO MAXIMIZE
YOUR CASHFLOW

by: @dewaekaprayoga
Selamat! Anda mendapatkan Billionaire Coach Ebook ini secara GRATIS. Semoga apa yang ada
dalam ebook ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan sales dan memaksimalkan
cashflow bisnis Anda.
Materi “How to Maximize Your Cashflow” ini diambil dari buku ke-2 saya yang berjudul “CARA
BENAR JADI PENGUSAHA MUDA-Hanya 4 Langkah, Anda Bisa Jadi Pengusaha LUAR BIASA”
yang InsyaAllah akan segera launching bulan Mei 2013. Mohon doanya....
Beberapa hari terakhir ini, saya mendapatkan kabar baik dari adik-adik mentor bisnis saya,
diantaranya:
 Ada yang baru mulai bisnis, setelah melakukan konsultasi, di bulan kedua Alhamdulillah
sudah mendapatkan omset lebih dari 150jt
 Ada yang bisnisnya sedang bermasalah dan harus menanggung hutang bisnis sebesar
18jt, setelah dicoach beberapa hari, Alhamdulillah permasalahannya selesai dan
hutangnya lunas
 Ada yang bisnisnya sudah besar, tapi masih kacau dalam masalah pengelolaan
keuangan, setelah dilakukan business diagnose dan diberikan solusinya, Alhamdulillah
akhirnya keuangan bisnisnya kembali membaik
Berawal dari kabar baik ini, akhirnya saya berpikir untuk membagikan rahasia CARA
MENGATASI PERMASALAHAN BISNIS tersebut dalam bentuk ebook sederhana ini.
Setelah saya amati, ternyata permasalahan yang terjadi pada mereka sebenarnya sederhana.
Namun ketidakpahaman mereka tentang hal sederhana ini bisa berdampak buruk pada bisnis
yang dijalankannya. Hal yang saya maksud adalah ketidakpahaman terhadap CASHFLOW.
Dampak negatif yang terjadi jika kita tidak memahaminya bisa bermacam-macam, diantaranya:

 Menurunnya penjualan (sales)
 Utang yang membengkak
 Stok barang menumpuk
 Piutang tak tertagihdalam jumlah yang banyak
 Ada profit, tapi tidak ada cash
 Biaya (expense) yang membengkak
 Cash gap terlalu panjang, dll
Apakah dampak-dampak negatif ini terjadi juga dalam bisnis Anda? Saya harap tidak demikian.
Kalaupun iya, tenang saja, saya akan membantu Anda menyelesaikan masalah bisnis tersebut.
KHUSUS dalam ebook jilid I ini, saya akan bagikan rahasia BAGAIMANA MENINGKATKAN
PENJUALAN yang akan berpengaruh terhadap peningkatan cashflow.
Cashflow adalah darah dalam bisnis Anda. Jika Anda kehabisan cash, artinya Anda kehabisan
darah dalam bisnis Anda. Tapi tidak semua pengusaha paham akan hal ini. Berikut saya akan
jelaskan tahap demi tahap.
Coba cek, banyak pengusaha yang belum paham tentang istilah-istilah bisnis berikut ini:
 Sales / omset
 COGS
 Gross Profit
 Expense
 Net Profit
 Cash
Kebanyakan pengusaha terlalu fokus pada omset. Ini tidaklah salah, tapi kurang tepat. Mengapa
demikian? Karena percuma jika omsetnya besar tapi COGS dan Expense-nya juga besar. Anda
tidak akan mendapat apa-apa. Misalkan Anda jual keripik pedas, harga jual per pcs nya adalah
Rp 10.000. Harga produksi (HPP/COGS) nya adalah Rp 7.000. Setiap bulan Anda berhasil
menjual rata-rata sekitar 100.000 pcs, atau dengan omset Rp 100.000.000. karena COGS nya Rp
7.000/pcs, maka Rp 7.000 x 100.000 pcs = Rp 70.000.000. Misal expense bisnis Anda seperti gaji
pegawai, biaya listrik, biaya marketing, telepon, sewa tempat, dll itu adalah Rp. 30.000.000.
Pertanyaannya, berapa net profit yang Anda terima? Tentu jawabannya jelas NOL. Ini
masalah….

RUMUSNYA
SALES
-
COGS
=
GROSS PROFIT
-
EXPENSE
=
NET PROFIT
Contoh lain, Anda pengusaha konveksi. Net profit yang didapatkan setiap bulan adalah Rp
25.000.000. Tapi pada faktanya, ketika Anda ingin mengambil profit tersebut, uang tersebut
tidak ada. Pertanyaannya, kemana uang tersebut? Ternyata, uang tersebut menumpuk di
piutang dan dalam bentuk barang. Tentu profit yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan cash
yang Anda terima. Ini masalah….
Tapi jangan khawatir, hal tersebut TIDAK AKAN BENAR-BENAR jadi masalah. Kalau profit tidak
ada, cash nya ada, bisnis Anda masih bisa berjalan. Tapi kalau cash tidak ada, tapi profit ada,
bisnis Anda tidak bisa berjalan lagi.
“Bisnis Anda masih bisa hidup tanpa profit, tapi bisnis Anda
tidak bisa hidup tanpa cash”
Sekarang, apa bedanya profit dengan cash?
 Profit itu ilusi. Cash itu nyata.
 Profit itu teori. Cash itu fakta.
 Profit itu di atas kertas. Cash itu di kantong kita.
 Profit itu di laporan keuangan. Cash itu di tabungan.
Sebagai pengusaha, mana yang Anda cari? Profit atau cash?
Kalau jawabannya CASH, maka mindset Anda sudah benar. Kalau jawabannya profit, bersiapsiaplah,
bisnis Anda akan terus-terusan bermasalah.
Kembali ke topik, dari mana datangnya cash?
Follow terus @dewaekaprayoga dan @billionaire_CID. Anda akan mendapatkan tips-tips bisnis dan
informasi mengenai program-program yang diadakan oleh Billionaire Coach
Salah satu sumber datangnya cash yang paling utama adalah dari PENJUALAN.Maka tugas kita
sebagai pengusaha adalah bagaimana caranya agar cash bisnis kita tetap ada, dalam jumlah
yang banyak, dan bisa digunakan untuk operasional bisnis.
Ada 3 fokus yang akan kita lakukan untuk meningkatkan penjualan, yaitu:
 Getting Customer
 Keeping Customer
 Growing Customer
GETTING CUSTOMER
Bagaimana kitaMENDAPATKAN CUSTOMER?
Tujuannya adalah agar banyak orang yang tahu produk kita dan BELI.
Tujuan lain dari Getting Customer ini adalah mengubah suspek jadi prospek, mengubah prospek
jadi buyer.
SUSPEK → PROSPEK → BUYER
 Suspek adalah mereka yang tidak tahu sama sekali tentang produk kita, tapi menjadi
target market kita
 Prospek adalah mereka yang sudah tahu produk kita, tertarik dengan produk kita, tapi
BELUM BELI
 Buyer adalah mereka yang tahu produk kita, tertarik dengan produk kita, butuh dengan
produk kita, dan BELI untuk yang pertama kalinya
Dalam bahasan kali ini, untuk mempermudah pemahaman, saya akan mengubah kata “buyer”
menjadi “first customer”.
Ada banyak cara bagaimana kita bisa mendapatkan first customer. Diantara banyak cara
tersebut, saya akan bagikan 9 cara yang bisa langsung Anda praktekkan dalam bisnis Anda,
diantaranya:
1. ADVERTISING
Bagi Anda yang kelebihan uang, Anda bisa gunakan strategi ini untuk mendapatkan first
customer. Kenapa saya katakan kelebihan uang? Karena biasanya untuk beriklan kita harus
mengeluarkan uang yang cukup banyak. Sedangkan sebagai pengusaha, kita ingin agar biaya
Follow terus @dewaekaprayoga dan @billionaire_CID. Anda akan mendapatkan tips-tips bisnis dan
informasi mengenai program-program yang diadakan oleh Billionaire Coach
marketing sekecil-kecilnya, efeksebesar-besarnya. Betul? Itulah yang disebut biaya akuisisi.
Biaya akuisisi adalah biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan satu customer baru.
Misalnya, biaya marketing Anda Rp 500.000. Melalui iklan yang Anda gunakan, setelah
diukur ternyata hanya menghasilkan 2 first customer. Artinya, biaya akuisisi Anda adalah Rp
250.000. Paham? Itulah biaya akuisisi.
Dalam beriklan, biaya akuisisi Anda biasanya akan membengkak. Karena Anda harus
mengeluarkan uang untuk jasa iklan, yang terkadang iklan tersebut belum tentu berdampak
pada penjualan. Betul tidak?
Tapi walaupun begitu, bagi Anda yang sudah jago dalam membuat konten iklan, dan
memiliki cukup uang, lakukanlah strategi ini. Anda bisa beriklan di:
 Koran lokal
 Koran harian
 Televisi
 Radio
 Majalah, dll
Yang harus Anda perhatikan dalam beriklan adalah :
1. Copy Writing
Suatu bentuk kesatuan berupa tulisan yang bisa menerangkan atau menjelaskan produk
atau jasa yang Anda tawarkan
2. Headline
Merupakan salah satu faktor TERPENTING agar iklan Anda bisa menarik dan memberikan
hasil yang optimal. Headline yang baik bukan yang fokus pada produk, tapi fokus pada
benefit/value yang diberikan produk.
Bayangkan ada pedagang asongan yang teriak-teriak di jalan,“koran koran
koran!” “koran koran koran!” “koran koran koran!”. Dan ada satu pedagang lagi
berteriak, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”, “Berita baru, Anas jadi digantung
di Monas”, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”. Mana yang lebih menarik?Dan
mana kira-kira koran yang lebih laku?
2. BROSUR
Brosur ini paling baik digunakan sebagai ALAT BANTU PENJUALAN. Kenapa? Karena sebagian
besar orang hanya akan memandangi gambarnya kemudian membuang brosur itu. Mungkin
Anda pun ketika menerima brosur akan melakukan hal demikian. Betul?
Kecuali topik utama brosur Anda menarik dan memang membutuhkan keputusan yang besar
(seperti bisnis jual mobil, rumah, investasi, dll), brosur dapat menjadi semacam penunjang
atau alat bantu yang Anda butuhkan selama proses penjualan produk tersebut.
Pesan saya, jangan jadikan brosur sebagai tumpuan Anda dalam menjual. Brosur hanya alat
bantu.
3. INTERNET/WEB/SOCIAL MEDIA
Tidak perlu ditanya lagi, di era informasi ini, mendapatkan first customer dari
internet/web/social media sudah hal biasa. Bahkan, saat ini bisnis-bisnis lebih giat dalam
melakukan promosi lewat internet daripada konvensional. Inipun harus Anda lakukan.
Bagaimana caranya? Saya tidak akan membahasnya disini. Satu hal yang harus Anda pahami
bahwa psikologi customer disaat melakukan promosi offline dan online itu BERBEDA.
Belajarlah pada ahlinya dalam melakukan pemasaran lewat online.
4. DISTRIBUTOR/AGEN
Disini Anda secara selektif membiarkan produk atau jasa Anda dijual atau dikirimkan melalui
individu atau bisnis lain. Cara ini dapat menjadi cara yang cepat memasarkan produk Anda di
tingkat nasional. Tetapi semuanya bergantung pada reputasi distributor atau agen. Jika
mereka melakukan kesalahan kepada customer ketika menjual produk Anda, maka Andalah
yang kena dampak jeleknya.
Tips dari saya:
 Periksa reputasi mereka
 Pastikan win win solution, atau saling menguntungkan
 Periksa apakah mereka mendistribusikan produk yang mirip yang mungkin menjadi
pesaing Anda
 Tawarkan insentif yang besar untuk mendorong motvasi mereka
5. TELEMARKETING
Ini adalah cara yang hebat untuk mengatur janji dan mendapatkan first customer. Pastikan
Anda menelepon daftar orang-orang yang akan tertarik (prospek). Pekerjakan orang yang
memiliki suara bersahabat dan tenang di telepon. Jika mungkin, buatlah skrip yang bisa
menarik orang.
6. MENULIS BUKU
Ini cara yang cepat membangun kredibilitas dan sekaligus bersenang-senang. Tokoh-tokoh
pengusaha yang sukses saat ini, misalnya Rangga Umara (owner Pecel Lele Lela), punya buku
berjudul DREAM BOOK. Reza Nurhilman (owner Maicih), punya buku berjudul REVOLUSI
PEDAS. Mas Mono (owner Ayam Bakar Mas Mono), punya buku berjudul SEDEKAH DIANTAR.
Saptuari Sugiharto (owner Kedai Digital), punya buku berjudul TWEET SADIZ BIKIN MRINGIS.
Dan masih banyak lagi para pengusaha yang untuk meleverage bisnisnya dengan cara
menulis buku, termasuk saya. 
7. SEMINAR DAN KEGIATAN
Mengadakan seminar GRATIS atau berbayar adalah cara yang luar biasa untuk
mengumpulkan prospek Anda sekaligus. Tentu saja, hal ini hanya cocok untuk sebagian kecil
bisnis, terutama yang memiliki produk atau jasa informasi. Promokan seminar, lalu
tindaklanjuti para pesertanya.
Supaya seminar ini berdampak luar biasa, saya sarankan datangkan pembicara yang bagus
dan menarik untuk menarik first customer. Pastikan pula tempatnya nyaman. Dan ingat,
Anda jangan hanya menjual, tapi juga HARUS memberikan informasi yang berguna bagi
peserta.
8. WOM
WOM (word of mouth) adalah strategi yang paling ampuh dalam mendapatkanfirst
customer. Apa keuntungan pakai WOM?
Pertama, MUDAH. Anda nggak perlu hafal konsep marketing yang rumit. Cukup ingat TPS
(Talking – Promoting – Selling). Pokoknya, kalau mau bisnis sukses, pastikan banyak yang
tidak sekedar membicarakan, tapi juga mempromosikan, dan menjual. Dan ini akan
dilakukan oleh customer Anda sendiri.
Kedua, MURAH. Anda nggak perlu banyak keluar uang, bahkan bisa GRATIS.
Ketiga, ALAMIAH. Kalo produk dan pelayanan bisnis Anda bagus dan memuaskan customer,
secara alami customer Anda PASTI akan membicarakan produk Anda ke orang lain.
Karenanya, buat sesuatu yang bisa jadi bahan pembicaraan.
Misal:
 Nasi Goreng dengan penawaran menarik “Khusus Ibu Hamil Makan Gratis”
 Warung Pecel Lele Lela memberikan penawaran menarik berupa “Yang Namanya Lela
Boleh Makan Gratis Seumur Hidup”
 Warung Steak memberikan penawaran menarik berupa “Yang Ulang Tahun Hari Ini
Boleh Makan Sepuasnya”
 Toko sepatu memberikan penawaran menarik berupa “Buy One Get One”
 Kuetiaw POLO dengan tagline “Tidak pernah buka cabang sejak tahun 1991”.
Disamping tempat kuetiaw POLO tersebut ada namanya kuetiaw APOLO dengan
tagline “Ini adalah cabang dari took sebelah”.
Hal-hal seperti ini jika produk dan pelayanannya bagus akan jadi bahan pembicaraan dan
berefek WOM.
9. COMMUNITY
Kenapa komunitas?
Karena disitu sudah berkumpul banyak orang yang memiliki minatyang sama. Karenanya
bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang memiliki minat yang sama. Sesuai dengan
value produk Anda.
Jika 9 hal di atas adalah strategi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan first customer,
maka ini adalah 3 hal yang akan memperbesar tingkat closing nya:
1. Jaminan tertulis
Anda membuat jaminan yang menjawab kekhawatiran utama customer yang membeli
dari Anda. Tentukan hal-hal yang ditakutkan customer ketika membeli dari Anda, dan
JAMIN kalau hal tersebut tidak akan terjadi. Kalaupun itu terjadi, tawarkan uang
penggantian, atau perbaiki yang salah.
2. Tentukan keunikan Anda
Kalau tidak ada hal yang berbeda dari bisnis Anda, orang hanya membeli dari Anda
karena kemudahan atau harga, tidak lebih dari itu.
3. Cetak daftar manfaat dan testimoni
Cetak daftar manfaat dari produk yang Anda jual. Edukasi customer dengan manfaat,
bukan dengan produk. Kalau ada tokoh atau customer yang puas dengan produk Anda,
cantumkan testimoninya. Ini akan memperbesar customer lain untuk beli produk Anda.
KEEPING CUSTOMER
Bagaimana cara Anda MEMPERTAHANKAN CUSTOMER?
Tujuan dari mempertahankan customer adalah agar mereka menggunakan produk dan jasa kita
dengan frekwensi yang lebih: LEBIH SERING dan LEBIH BANYAK. Dengan kata lain, sangat
penting membangun LOYALITAS mereka agar tetap bertahan beli produk di bisnis kita.
Tujuan lain dari Keeping Customer adalah mengubah dari buyer menjadi customer, dan
mengubah customer menjadi member.
BUYER → CUSTOMER
 Buyer adalah first customer. Mereka yang membeli untuk pertama kalinya produk kita
 Customer adalah mereka yang sudah melakukan repeat order dalam membeli produk
kita. Customer PASTI buyer, tapi buyer belum tentu customer.
1. MEMBERSHIP
Buatlah kartu anggota. Melalui kartu anggota kita daapt menawarkan berbagai variasi dari
program loyalitas, entah berbentuk diskon atau sistem poin atau kombinasi lainnya.
Pemberian kartu anggota dengan berbagai macam manfaat yang terkandung di dalamnya
memang terbukti membuat seorang customer agak sayang kalau tidak membeli ke tempat
semula.
Contoh bisnis yang menggunakan strategi membership ini adalah Matahari, Metro, Alfamart,
dll.
2. POINT REWARD
Sistem poin pada dasarnya adalah pemberian poin tertentu untuk setiap pembelanjaan
sejumlah tertentu. Poin yang dikumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah yang menarik.
Contoh bisnis yang menggunakan strategi point reward ini adalah MLM, Hero, operator
seluler, hotel, dll.
3. SPECIAL DISCOUNT
Harus diakui bahwa orang Indonesia itu gila diskon. Diskon harga masih menjadi salah satu
cara paling mudah untuk mempertahankan customer. Hanya saja, sebagai pengusaha kita
perlu hati-hati untuk tidak terlalu sering menggunakan strategi ini karena bisa memperkecil
profit.
Diskon khusus bisa kita berikan kepada customer jika ada momen-momen yang special dan
tepat, misalnya menyambut lebaran, natal, tahun baru, dll.
4. EXCLUSIVE OFFERING
Penawaran khusus selalu jadi jurus ampuh untuk membuat perbedaan antara customer lama
dan customer baru.
Disinilah pentingnya kita memiliki DATABASE CUSTOMER. Kita akan jadikan customer lama
kita sebagai target market utama kita. Kita berikan penawaran khusus kepada mereka yang
tidak akan didapatkan oleh customer lain yang belum menjadi member.
5. GROUP BUYING
Pembelian dalam bentuk paket ini berbagai macam, misalnya:
“Kalau beli 1 Rp 25.000, tapi kalau beli 3 Rp 70.000 aja, mas”
“Beli banyakan aja, mba. Beli 10 GRATIS 1 lho”
“Khusus hari ini, kalau belanja minimal Rp 350.000 nanti dapat hadiah tas, bu”
Strategi ini bisa sangat efektif jika kita menggunakannya dengan baik. Misalnya jika bisnis
Anda salon khusus wanita, kalau customer berhasil membawa temannya datang (yang
belum pernah datang sebelumnya), maka ia akan mendapatkan harga khusus. Jelas
customer akan tertarik, karena biasanya wanita memang lebih suka mengajak temantemannya
pergi ke salon bersama. Atau missal bisnis Anda bimbingan belajar, kalau
customer berhasil mengajak temannya gabung, maka dia akan mendapatkan cashback. Dll
GROWING CUSTOMER
Bagaimana cara Anda MENUMBUHKAN CUSTOMER?
Customer yang tumbuh adalah customer yang melakukan more uses, yaitu penggunaan fungsi
lain produk atau jasa yang sudah digunakan. Tujuannya adalah agar customer Anda semakin
banyak dan bertumbuh.
Tujuan lain dari Growing Customer adalah mengubah customer menjadi member.
CUSTOMER → MEMBER
 Customer adalah mereka yang sudah melakukan repeat order dalam membeli produk
kita, tapi belum tentu merekomendasikan kepada orang lain
 Member adalah customer yang aktif mereferensikan orang untuk jadi customer kita
Ada dua pendekatan yang bisa lakukan agar customer kita tumbuh:
Pertama, kita menumbuhkan customer yang sudah ada. Tujuannya agar customer melakukan
pembelian lebih banyak.
Kedua, kita menumbuhkan customer baru dari customer yang sudah ada. Tujuannya agar
customer lama merekomendasikan kepada teman-temannya, tetangganya, keluarganya, atau
siapapun yang mereka kenal agar mereka menjadi customer baru kita.
Untuk menumbuhkan customer melalui pendekatan pertama, kita bisa menggunakan strategi:
1. UP-SELLING
2. CROSS SELLING
Bagaimana cara kita melakukannya?
1. Up-selling
Ini dapat dilakukan ketika kita memiliki variasi produk yang lebih mahal. Caranya adalah
menjual produk yang lebih mahal kepada customer daripada produk yang mereka lihatlihat,
berdasarkan manfaatnya. Ketika melakukan up-sell, kita mesti menjelaskan
bagaimana model yang lebih mahal akan lebih sesuai dengan kebutuhan jangka panjang
mereka.
Up-selling secara langsung akan menggandakan profit Anda.
Anda bisa menggunakan strategi up-selling ini dengan cara:
a. Tunggu sampai customer Anda sudah memuuskan untuk membeli, lalu TAWARKAN
PRODUK TAMBAHAN yang lebih mahal
b. Jika customer tidak yakin dengan apa yang mereka cari, gunakan momentum ini
untuk mengidentifikasi manfaat yang mereka cari. Bisa jadi apa yang Anda tawarkan
belum terpikirkan oleh customer dan ternyata customer tertarik. Ujung-ujungnya
beli.
2. Cross-selling
Ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang memiliki jenis produk bervariasi. Tentu Anda
sering membeli sebuah produk di suatu tempat dan ditanya “Ada lagi pak?”. Atau Anda
membeli salah satu produk di McDonald’s dan oleh kasirnya ditanya “Cone nya mas?”
“Kentangnya mas?”. Ini yang disebut dengan cross-selling.
Untuk menumbuhkan customer melalui pendekatan kedua, kita bisa menggunakan strategi:
REFERRAL
Satu prinsip yang harus Anda pahami dalam marketing:
“Jika customer Anda PUAS, mereka akan merekomendasikan pada 1 orang lainnya. Jika
customer Anda KECEWA, mereka akan membicarakan kekecewaan mereka pada 10 orang”
Apa maksud dari kata-kata di atas?
KEPUASAN. Itulah intinya. Berikan kepuasan kepada pelanggan. Tujuannya apa? Agar mereka
melakukan strategi REFERRAL tanpa mereka sadari. Dan ingat, biaya akuisisi strategi ini murah
bahkan GRATIS. Karena yang melakukan promosi bukan Anda, tapi customer.
Intinya, bagaimana supaya customer Anda dapat MENCERITAKAN, MEMPROMOSIKAN, dan
akhirnya MENJUAL produk Anda ke calon customer lainnya hingga menjadi customer baru.
Tidak berhenti sampai disitu, kalau Anda benar-benar sukses mempraktekkan “KEEPING
CUSTOMER”, maka siklus ini akan terus terjadi. Percayalah!
Ini adalah sebagian kecil dari tools bisnis dalam meningkatkan penjualan yang bisa Anda
praktekkan langsung dalam bisnis Anda. Masih ada lebih dari 120 strategi lagi yang bisa Anda
praktekkan, misalnya:
1. Tingkatkan range produk
2. Meningkatkan umur produk
3. Selalu sediakan barang
4. Tawarkan kontrak layanan
5. Simpan informasi vital tentang customer, buat program special untuk mereka
6. Produk of the week
7. Ajak mereka beli lagi
8. Public relation program
9. Press release ke media lokal
10. Masukan brosur ke kotak pos
11. Buat katalog
12. Brosur professional
13. Halaman kuning
14. Barter
15. Beli list database
16. Direct mail
17. Mengikuti tender
18. Surat kabar harian
19. Billboard / poster
20. Beri pelayanan maksimal
21. Membuat program customer special
22. Beri kesan mendalam
23. Under promise & over deliver
24. Merapikan proses penjualan
25. Melayani dengan konsisten
26. Informasikan keseluruhan produk
27. Bina hubungan baik
28. Punya cerita khusus
29. Simpan baik-baik data klien
30. Jual produk orang lain
31. Buat kompetisi
32. Follow up setelah penjualan
33. Tahu nama pelanggan
34. Jadi teman pelanggan Anda
35. Tawarkan coba-coba gratis
36. Buat peluncuran produk baru
37. Latim tim Anda
38. Buat jadwal kunjungan
39. Kemasan produk
40. Stiker
41. Magnet kulkas
42. Kontrak dengan program pemerintah
43. Seragam kerja
44. Kartu nama
45. Acara networking
46. Host beneficiary
47. Festival / show
48. Pengumuman hari dan jam buka
49. Pameran
50. Network marketing
51. Franchise
52. Promo hari tertentu
53. Buka cabang / pindah cabang
54. Test & measure
55. Memberi insentif penjualan
56. Dan masih banyak lagi strategi-strategi praktis untuk meningkatkan sales bisnis Anda
Semoga ebook ini bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang sudah membaca dan merasakan
manfaat dari ebook ini, silahkan berikan testimoni melalui twitter dengan mention
@dewaekaprayoga. Isi testimoninya bebas. Saya akan RT secara otomatis. 
Materi ini boleh dicopy dan dibagikan tanpa seizin kami. Sebarkan
kepada minimal 3 orang terdekat Anda, agar kebaikan dan
kebermanfaat semakin tersebar luas
Follow terus @dewaekaprayoga dan @billionaire_CID. Anda akan mendapatkan tips-tips bisnis dan
informasi mengenai program-program yang diadakan oleh Billionaire Coach
BISNIS ANDA BERMASALAH? OMSET DAN PROFIT BISNIS ANDA
GITU-GITU AJA? CASH BISNIS ANDA SELALU KECIL?
TEMUKAN SOLUSINYA DI BUSINESS GATHERING #BillionaireCoach
“HOW TO MAXIMIZE YOUR CASHFLOW”
Business Gathering, 5-7 April 2013
Hotel Anggraini Cisarua Puncak Bogor
Anda akan belajar banyak tentang:
 Bagaimana memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis?
 Bagaimana meningkatkan omset dan profit bisnis Anda secara drastis?
 Mengidentifikasi kebocoran bisnis Anda
 Strategi mengubah profit menjadi cash
 Cara cerdas mengambil keputusan bisnis disaat krisis
 Cara mudah membaca financial literacy
 Strategi meningkatkan cashflow melalui tools bisnis aplikatif
 4 kode rahasia aktivasi ikhtiyar langit
Bersama:
@DewaEkaPrayoga
(Business Coach - Trainer - Entrepreneur)
INVESTASI:
RP 1.250.000
Khusus Bagi Anda 10 Orang Tercepat yang Daftar Setelah Membaca
Ebook ini, Anda Cukup Membayar Rp 950.000 (Hemat 300rb)
TEMPAT SANGAT TERBATAS!
Informasi dan pendaftaran:
Zaid (081911927009)
InsyaAllah akan segera diadakan roadshow training CARA
BENAR JADI PENGUSAHA MUDA bersama Dewa Eka
Prayoga. Bagi Anda yang berminat menjadi EO training di
kota Anda, silahkan hubungi 085793005159 (Haura).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar